Makanan Khas Bandung Yang Harus Banget di Coba!

Resep Membuat Kue Serabi, Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen

Tidak seperti banyak kota lain di Indonesia, Bandung tidak memiliki latar makanan yang begitu ketat, dan sulit untuk menemukan makanan ‘tradisional’ yang unik di kota ini. Sebaliknya, Bandung paling terkenal dengan hidangannya yang berasal dari bagian lain Indonesia tetapi yang telah diberi ‘Rasa Bandung’ sendiri. Sebagian besar makanan yang ditemukan di Bandung berasal dari bahasa Sunda dan meskipun Anda mungkin menemukan hidangan serupa di seluruh Indonesia, varietas Bandung biasanya unik sesuai keinginan mereka sendiri, bahkan jika mereka tidak dapat mengklaim sebagai hidangan versi asli. Meskipun tidak memiliki identitas kuliner yang pasti dibandingkan dengan kota-kota lain seperti Medan di Sumatra, Anda pasti tidak akan kelaparan di sini, dan perjalanan ke bagian Jawa ini adalah kesempatan yang sempurna untuk makan di sekitar kota. Berikut adalah 5 resep masakan rumahan terbaik yang direkomendasikan untuk dicoba di kota bandung.

  • Serabi

Serabi, juga dikenal sebagai Surabi, adalah  makanan Indonesia seperti pancake yang dibuat dengan tepung dan kemudian dimasak dalam cetakan tanah liat khusus di atas arang untuk membantu mereka membentuk serabi yang sempurna. Kadang-kadang serabi ini dapat dibumbui dengan pandan yang menghasilkan serabi berwarna hijau. serabi biasanya adonannya kental dan lebih seperti campuran antara kue dan pancake dan disajikan dengan saus gula aren dan santan yang dilumuri di atasnya untuk memberi mereka rasa yang manis. Saat ini beberapa serabi dapat disajikan dengan topping yang berbeda seperti parutan keju, taburan cokelat, atau irisan pisang. Ini biasanya merupakan street food dan dapat ditemukan pada waktu sarapan meskipun Anda juga dapat memakannya sebagai makanan ringan setiap saat sepanjang hari. Serabi juga seringkali memiliki rasa asin seperti rasa oncom dan telur.

  • Batagor

Batagor dimakan di seluruh Indonesia meskipun konon berasal dari Jawa Barat dan merupakan salah satu makanan khas Bandung. Namanya berasal dari singkatan bahan yang digunakan dalam hidangan, bakso tahu goreng, atau bakso goreng dan tahu. Hidangan ini biasanya dimakan sebagai camilan daripada makanan lengkap dan disajikan dengan bakso ikan goreng yang biasanya terbungkus dalam adonan renyah atau dimasukkan ke dalam bungkusan tahu yang terkenal dengan hidangan ini. rasanya semakin nikmat saat di lumuri dengan bumbu kacang dan kecap.

  • Lotek

Lotek adalah hidangan dari Sunda yang pada dasarnya adalah versi lain dari salad paling terkenal di Indonesia, gado-gado. Lotek terbuat dari sayuran seperti tauge dan kangkung, dan juga termasuk potongan tahu yang empuk. Bahan salad tercakup dalam saus kacang pedas yang mengingatkan pada gado-gado meskipun kedua hidangan menggunakan bumbu yang sedikit berbeda dalam saus. Lotek juga dilengkapi dengan kerupuk udang yang dan disajikan dengan sepiring lontong atau nasi sesuai dengan selera

  • Pisang Molen

Pisang molen adalah camilan klasik yang ditemukan di seluruh Bandung dan terdiri dari pisang yang dibungkus dalam adonan kue. Pisang-pisang tersebut kemudian digoreng sedemikian rupa sehingga pastinya mengembang menjadi semacam cangkang renyah di sekitar bagian dalam yang lunak. Makanan ringan ini sangat populer sehingga banyak orang membeli pisang molen sebagai hadiah untuk dibawa pulang pada akhir perjalanan ke Bandung meskipun mereka paling menikmati menikmati saat pisang molen masih hangat.

  • Soto Bandung

Soto adalah sejenis sup yang terkenal di seluruh Indonesia dan bervariasi sesuai dengan daerah masing-masing, dan Soto Bandung tidak berbeda. Banyak resep soto menggunakan ayam, meskipun Soto Bandung secara tradisional dibuat menggunakan daging sapi. Tidak seperti beberapa hidangan soto seperti Soto Medan yang menggunakan santan untuk mengentalkan kaldu, Soto Bandung jelas dan dihaluskan dengan tambahan irisan lobak yang memberikan rasa yang enak yang bercampur dengan kaldu sapi yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

JEJU JELAS JELAS KEJU GREEN PRAMUKA SQUARE

Menjamurnya gaya korea di kalangan Remaja Indonesia saat ini semakin hari semakin banyak. Baik dari segi mode pakaian, gaya rambut, drama, budaya dan teknologinya. Semua itu belum lengkap apabila para