Fakta Vaksin Sinovac di Indonesia yang Wajib Diketahui

Warga di seluruh dunia patut berbahagia karena vaksin untuk corona sekarang sudah mulai siap diedarkan ke pasaran. Salah satu jenis vaksin yang sudah tiba di Indonesia adalah vaksin Sinovac. Vaksin ini memang belum diedarkan ke masyarakat namun sebelum menggunakannya, kamu perlu tahu beberapa fakta tentang vaksin Sinovac berikut ini.

1. Vaksin Sinovac Masih dalam Tahap Evaluasi

Vaksin Sinovac yang berasal dari negara China sudah tiba pada minggu pertama bulan Desember. Vaksin saat ini sedang dalam tahap evaluasi menggunakan standar WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau FDA dari Amerika dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Eropa. Beberapa uji yang dilakukan adalah uji potensi, kadar antigen, toksisitas abnormal dan endotoksin.

2. Izin Edar Belum Dikeluarkan BPOM

Supaya vaksin corona Sinovac bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia maka vaksin harus mendapatkan izin edar dari BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Vaksin tahap satu yang jumlahnya 1,2 juta ini masih menunggu hasil uji mutu, keamanan serta efektivitas dari vaksin. Kemungkinan besar, izin edar dari vaksin ini baru akan dikeluarkan pada akhir bulan Januari pada tahun 2021 nanti.

3. Isi Kandungan Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac merupakan vaksin berjenis inactive vaccine yang berarti bahwa vaksin ini mengandung versi lemah atau versi inaktif dari virus dengan tujuan untuk memancing respon imun tubuh. Vaksin Sinovac bukan vaksin yang pertama kali memanfaatkan jenis vaksin inaktif. Vaksin jenis ini lebih mudah untuk disimpan dan mampu bertahan hingga 3 tahun lamanya dalam suhu 2-8 derajat Celcius.

4. Masa Kadaluarsa Vaksin Sinovac

Masa kadaluarsa dari vaksin corona Sinovac bisa dikatakan cukup lama. Tentunya dengan syarat bahwa penyimpanan vaksin tersebut memenuhi standar. Seperti telah disebutkan sebelumnya, vaksin ini harus disimpan di suhu 2-8 derajat Celcius. Dengan begitu vaksin bisa tahan hingga 3 tahun. Itu artinya, kelompok pertama vaksin Sinovac akan kadaluarsa pada tahun 2023, 3 tahun setelah kedatangannya di Indonesia.

5. Harga Vaksin Sinovac

Untuk masalah harga, harga vaksin dari Sinovac belum ada keterangan berapa harga yang akan diberikan. Meskipun di luaran sana sudah banyak beredar mengenai perkiraan harga jual mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per satu shot. Akan tetapi, berdasarkan pernyataan Presiden RI beberapa waktu lalu, vaksin untuk virus corona ini akan diusahakan gratis bagi masyarakat Indonesia.

6. Target Pengedar Vaksin Sinovac

Walaupun sampai saat ini vaksin corona dari Sinovac masih dalam tahap uji dan izin edarnya belum keluar, diharapkan pada akhir akhir bulan Januari tahun 2021, izin edar sudah bisa dikeluarkan. Dengan begitu, vaksin setidaknya akan bisa diedarkan kepada masyarakat paling lambat pada bulan Mei di tahun 2021 nanti. Meskipun begitu, semua pihak berharap bahwa vaksin bisa segera diberikan secepat mungkin.

7. Target Utama Pemberian Vaksin Sinovac

Untuk dosis Sinovac yang sudah tersedia saat ini, jika izin edar sudah keluar dari BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan, maka target utama pemberian vaksin ini adalah para petugas medis. Petugas medis menjadi prioritas karena mereka adalah garda terdepan dalam menangani kasus virus corona. Maka bisa dikatakan benar jika para petugas medis-lah yang diutamakan.

Sebelum vaksin corona benar-benar keluar dan diberikan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan. Jika Kamu memiliki keluhan terkait kesehatan seperti virus corona dan ingin konsultasi maka bisa menghubungi Halodoc. Melalui aplikasi kesehatan ini Anda bukan hanya bisa konsultasi, reservasi rumah sakit, beli obat dan cek lab bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Flek Termasuk Haid?

Tidak jarang para wanita mendapati bercak darah sebelum dan setelah haid. Bercak darah atau biasa disebut dengan flek ini biasanya berwana coklat, merah kehitaman, maupun jernih kekuningan. Secara medis, adanya

Beli Kao di Toko SehatQ

Kao Corporation adalah sebuah perusahaan asal negeri sakura Jepang. Perusahaan ini berfokus pada bidang kimia dan kosmetik yang bermarkas di Nihonbashi – Kayabacho, Chuo, Tokyo, Jepang. Awalnya, oleh Tomiro Nagase

Kalkulator Kesuburan dan Masa Ovulasi

Salah satu tanda bahwa seorang wanita sudah dewasa secara fisik adalah mengalami menstruasi. Bagi anak-anak, mungkin mengalami menstruasi hanya menjadi siklus bulanan saja yang tidak perlu dihitung atau diperhatikan. Tetapi