Anda Ingin Cepat Hamil? Ketahuilah Masa Subur Anda dan Cara Meningkatkan Kesuburan

Waktumu Terbuang Sia-sia, Jika Tetap Lakukan 5 Hal Ini dalam Hubungan

Mengetahui masa subur itu sangatlah penting bagi wanita, terutama yang sudah menikah dan ingin segera memiliki anak. Salah satu cara untuk mengetahui masa subur itu adalah dengan menggunakan aplikasi kalkulator masa subur.  Tentunya dengan adanyaaplikasi ini akan sangat membantu dalam menentukan kapan saat yang tepat bagi anda untuk berhubungan intim dengan suami anda.

Selain itu juga, kalkulator masa subur dapat digunakan untuk sebaliknya apabila anda belum ingin memiliki anak dengan cara mengindari berhubungan suami istri pada saat ovulasi yang terjadi karena kemungkinan hamil pada saat ovulasi terjadi sangat tinggi. Sebab kalkulator ini disertai dengan kalender masa subur, dan kondisi anda akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Dan perlu anda ingat, bahwa sperma yang mempunyai daya tahan sampai dengan 7 hari terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung ada hari itu juga.  Kalkulator menghitung masa subur wanita ini juga dilengkapi dengan prediksi kapan anda akan melahirkan, apabila anda berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi. Sehinga perlu diingat, bahwa kalkulator ini hanya saran dari perhitungan teknikal yang pada umumnya dan terkadang akan menghasilkan yang berbeda dengan kenyataanya.

Biasanya satu siklus menstruasi atau “datang bulan” adalah 28 hari, sekalipun begitu pada beberapa wanita lamanya dapat bervariasi mulai dari 22 hari hingga 36 yang tergantung pada banyaknya variable (kegiatan, jenis makanan, kondisi fisik, dan psikis). Dengan begitu, siklus menstruasi dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari hari sebelumya menstruasi berikutnya. Sebagai contohnya adalah menstruasi terjadi pada tanggal 1 Oktober 2018 dan menstruasi bulan berikutnya adalah 29 Oktober 2018, berarti siklus menstruasi anda selama 28 hari.  Tetapi juga, apabila menstruasi anda tidak mempunyai lama siklus yang tepat ada baiknya anda mencoba untuk mengamati selama 3 bulan dan mengambil rata-rata siklus menstruasi anda.   Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan pada wanita?

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

1. Perhatikan Pola Makan dan Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda makan sehari-hari bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan kesuburan. Apabila anda tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka anda bisa mengonsumsi suplemen guna membantu memenuhi nutrisi tersebut. Memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga dapat menganggu siklus menstruasi yang akhirnya bisa mengganggu kesuburan.

2. Mengonsumsi Asam Folat

Cara berikutnya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah dengan mengonsumsi asam folat. Karena asam folat ini bukan hanya baik untuk perkembangan saraf janin saja, namun juga untuk meningkatkan kesuburan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa jika asam folat bisa dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi. Untuk mendapatkan kandungan asam folat ini, anda bisa menemukannya dari makanan jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya. Dalam hal ini, sebaiknya anda mengonsumsi asam folat dengan jumlah konsumsi 400 mikrogram sehari.

3. Hindari Kafein, Alkohol, dan Rokok

Apabila anda mengonsumsi kopi lebih dari lima gelas sehari maka itu setara dengan 500 mg kafein dan bisa berakibat menurunkan kesuburan. Karena konsumsi kafein yang masih bisa ditoleri maksimum 200 mg per hari. Sedangkan mengonsumsi alkohol dua gelas sehari juga bisa menurunkan kesuburan sebesar 60%. Selain itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko kelainan pada janin. Bukan hanya itu, merokok juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesuburan wanita. Karena rokok ini bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Oleh karena itu maka sebaiknya anda berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Pelatihan Online, Solusi Belajar Masa Kini

Zaman sudah semakin canggih. Kita tidak lagi perlu bertatap muka jika ingin membicarakan suatu hal. Cukup menggunakan gadget, semua bisa teratasi. Fasilitas video call, panggilan suara, ataupun chatting bisa memudahkan