Ambil Kredit HP Tanpa DP? Cek Dulu 5 Hal Ini

4 Cara Self Reward yang Tetap On Budget - Kredivo

Kalau kamu lewat konter-konter HP atau mendapat iklan kredit HP, kamu pasti nggak asing dengan tawaran kredit HP tanpa DP yang bisa cepat dan tanpa perlu kartu kredit. Ada yang melalui aplikasi kredit HP tanpa DP kayak Kredivo, ada juga yang melalui kartu kredit atau kredit konvensional lainnya. 

Kabar baiknya, tawaran yang menggiurkan itu benar-benar ada dan bukan hanya mitos atau iklan semata. Tetapi, tentu ada syarat dan ketentuan yang harus kamu ketahui sebelum bisa kredit HP tanpa DP. Belum lagi, beda toko atau beda layanan kredit, syarat dan ketentuannya pasti akan berbeda satu sama lain. 

Maka dari itu, kalau kamu butuh ganti HP baru dan menerima tawaran tersebut, sebaiknya jangan langsung tergiur, ya. Ada 5 hal dasar yang perlu kamu cek, sebelum kredit HP tanpa DP supaya tetap untung dan nggak boncos. 

Yuk, kita bahas satu per satu. 

Tujuan ambil kredit HP baru

Tidak semua orang yang ambil cicilan, sifatnya penting dan memang kebutuhan. Banyak sekali, orang yang juga mengambil cicilan demi gengsi dan tidak bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja meski sebenarnya kemampuan keuangan tidak memadai. 

Sebelum tergiur dengan mudahnya kredit HP tanpa DP, kamu perlu memikirkan ulang, apa sebenarnya tujuan ambil kredit HP baru?

Sebab, layanan kredit HP berbasis online yang bisa tanpa DP seperti Kredivo, akan bermanfaat jika kamu butuh HP baru untuk kebutuhan penting seperti ganti HP lama yang rusak, untuk pekerjaan, dan sejenisnya. Dibandingkan untuk kebutuhan konsumtif atau hanya karena ada HP seri terbaru semata. 

Bujet dan kondisi keuangan untuk bayar cicilan

Selain memastikan tujuan kredit, bujet dan kondisi keuangan juga harus dicek sebelum kamu memproses kredit HP tanpa DP. 

Jangan lupa, pasca mengambil kredit, bulan depan ada tagihan yang wajib kamu bayarkan. Maka dari itulah, penting untuk memastikan bahwa kamu mampu membayar cicilan per bulannya. 

Salah satu cara termudah untuk mengecek kemampuan finansial untuk ambil cicilan baru adalah dengan menghitung apakah utang yang kamu miliki sekarang sudah lebih dari 30% total penghasilan?

Jika sudah, maka bisa dikatakan kamu sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk ambil cicilan baru. Jika belum, maka ketahui berapa besaran “kuota” finansial yang bisa digunakan untuk bayar cicilan baru nantinya. 

Sebagai contoh: kamu punya gaji sebulan Rp 7 juta. Sementara, 30% dari Rp 7 juta adalah Rp 2.1 juta. Katakanlah Rp 1 juta dari kuota tersebut, sudah digunakan untuk bayar cicilan kendaraan setiap bulan. Ini artinya, kamu hanya punya Rp 1.1 juta lagi untuk digunakan membayar cicilan baru (jika ada). 

Biaya-biaya yang menyertai cicilan tanpa dp

Salah satu alasan mengapa jangan langsung tergiur dengan cicilan tanpa DP adalah akan tetap ada biaya-biaya lain yang menyertai cicilan tersebut. Khususnya bunga. Jika kamu menggunakan aplikasi kredit HP tanpa DP berbasis online seperti Kredivo, kamu wajib tahu bahwa kamu menerima dua opsi cicilan. 

Opsi pertama, ada cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan. Untuk opsi cicilan ini, kamu hanya perlu bertransaksi minimal sebesar 500 ribu, tanpa uang muka, selama limit kreditmu di Kredivo mencukupi. Selain itu, ada juga biaya admin 1% yang akan dikenakan sebesar 1% per bulannya. 

Opsi kedua, ada cicilan dengan tenor 6 bulan dan maksimal 12 bulan. Untuk opsi cicilan ini, kamu juga hanya perlu melakukan transaksi minimal 500 ribu, tanpa uang muka. Bedanya dengan cicilan 0%, cicilan ini dikenakan bunga sebesar 2.6% per bulan. 

Kembali lagi pada kebutuhanmu, dari kedua opsi ini, yang mana yang paling pas sesuai kondisimu? Penting untuk diingat, jika kamu menggunakan layanan kredit lainnya, maka syarat dan ketentuannya juga akan berbeda, tergantung penyedianya. 

Opsi layanan kredit yang bisa cicilan HP tanpa DP

Sama sepert cicilan 0% tanpa kartu kredit, saat ini, belum banyak layanan kredit HP yang bisa tanpa DP. Pilihannya terbatas, dibandingkan jika kamu kredit HP dengan uang muka. Selain kartu kredit bank, layanan kredit online yang bisa tanpa DP adalah fintech seperti Kredivo. 

Ada juga berbagai fintech lainnya yang menawarkan layanan sejenis ini. Oleh karena itu, kamu perlu memutuskan, akan menggunakan layanan kredit yang mana untuk kredit HP tanpa DP? Jika menggunakan yang berbasis online atau fintech, jangan lupa untuk mengecek legalitas dan terdaftar atau tidaknya aplikasi tersebut di OJK, ya. 

Opsi merchant atau seller yang membuka metode cicilan tanpa DP

Setelah tahu mau pakai layanan kredit yang mana, kamu juga perlu mengecek, merchant atau seller mana aja sih yang membuka opsi pembayaran dengan cicilan tanpa DP?

Misalnya, jika kamu pakai Kredivo, maka kamu punya 1000+ pilihan merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo. Untuk kategori online, kamu bisa kredit HP di Tokopedia, Blibli, Lazada, Bhinneka, atau JD.ID, secara langsung menggunakan Kredivo apabila sudah memiliki akun dan limit kredit yang mencukupi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Kuraih Bintang, Sinetron yang Sayang Banget Dilewatkan

Sinetron Kuraih Bintang memberikan warna tersendiri bagi pertelevisian Indonesia, khususnya MNCTV. Ya, sinetron yang ditayangkan di MNCTV ini mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda. Kuraih Bintang memang

Beberapa Tips Merawat Baju Koko Berdasarkan Jenis Bahannya

Baju Koko merupakan pakaian lelaki muslim baik itu untuk dewasa dan ada pula baju koko anak yang biasa digunakan untuk beribadah shalat, berkegiatan pada acara-acara yang sifatnya keagamaan Islam. Namun,

Mengenal Keunggulan Yang Dimiliki Setiap Model Sepatu Brodo

Dengan memakai sepatu yang berkualitas dan sesuai, maka bisa menunjang penampilan supaya lebih keren. Ada salah satu brand sepatu lokal untuk pria yang cukup populer yaitu Brodo. Sepatu Brodo bisa