5 Cara hitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar

Cara hitung usia kehamilan untuk mengetahui berapa usia kehamilan yang sangat penting bagi calon ibu. terutama calon ibu muda yang baru pertama kali hamil. Selain itu, Anda tetap perlu melakukan konsultasi rutin dengan dokter kandungan. Dari pemeriksaan kesehatan, Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan buah hati dari segi organ dan pertumbuhannya. Umumnya usia kandungan akan dinyatakan dalam hari atau minggu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah

Menghitung usia kehamilan penting untuk membantu Anda memantau perkembangan kehamilannya. Selain itu, Anda juga bisa memprediksi perkiraan tanggal persalinan (HPL). Sehingga Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk hitung usia kehamilan Anda:

1. Kalkulator Kehamilan Online

Cara termudah untuk mengetahui usia kandungan Anda adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan online. Anda hanya perlu memasukkan tanggal, bulan dan tahun hari pertama siklus haid terakhir (HPHT) serta siklus haidnya. Kalkulator online ini akan menghitung usia kandungan Anda secara otomatis.

2. Rumus Naegele (Perhitungan Kalender)

Sebelum Anda dapat menghitung usia kandungan dengan cara ini, Anda perlu mengetahui siklus menstruasi Anda. Menghitung usia kandungan dengan menggunakan rumus Naegele diperuntukan bagi Anda yang memiliki siklus haid teratur seperti setiap 28 hari atau setiap 20 hari.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui HPHT Anda. Kemudian Anda bisa mengikuti rumus perhitungan berikut ini:

  • Tambahkan 7 hari dari tanggal HPHT
  • Tambahkan 9 bulan dari bulan HPHT
  • Tahun HPHT tetap

Untuk mempermudah memahami rumus tersebut, Anda bisa melihat contoh berikut ini:

  • HPHT Anda pada tanggal 10 Februari 2019
  • 7 + 10 (diambil dari tanggal HPHT) = 17
  • 9 + 2 (diambil dari bulan HPHT) = 11
  • Tahun HPHT 2019

Jadi bisa diperkiraan masa kelahiran buah hati Anda adalah tangga; 17 November 2019. Untuk mengetahui berapa usia kandungan Anda saat ini, Anda hanya perlu mengurangi tanggal saat ini dengan tanggal HPHT Anda. Misalnya saat ini 10 April 2019, berarti usia kandungan Anda sekitar 2 bulan.

3. Sistem fundus

Bagian bawah rahim juga dikenal sebagai puncak rahim (fundus). Puncak rahim biasanya naik seiring pertumbuhan janin. Perhitungan usia kehamilan dari bawah rahim dilakukan dengan meraba bagian atas rahim yang seolah mencuat di perut. Hitung jarak dari tulang kemaluan ke atas rahim. Jika jaraknya 16 cm, maka usia kehamilan adalah 16 minggu.

4. Deteksi gerakan janin

Cara lain untuk menghitung usia kandungan secara manual adalah dengan mendeteksi gerakan janin. Namun, metode ini tidak 100% akurat. Caranya adalah dengan merasakan janin bergerak.

Jika dirasa janin sudah mulai bergerak, diperkirakan usia kehamilan sekitar 18-20 minggu. Cara ini hanya berlaku untuk Anda yang baru pertama kali hamil. Jika Anda pernah hamil sebelumnya dan merasakan janin Anda bergerak, perkiraan usia kehamilan adalah 16-18 minggu.

5. Metode USG

USG adalah alat yang digunakan oleh dokter kandungan untuk menentukan usia kandungan. Hingga saat ini, USG diyakini merupakan alat paling akurat dalam memprediksi usia kandungan. Memprediksi dengan alat ini tidak semudah menggunakan rumus kalender. Karena Anda membutuhkan tenaga ahli, yaitu dokter, untuk mengoperasikan USG.

Alat ini dapat mendeteksi usia kandungan dengan akurasi hingga 95%. Ada dua cara untuk memeriksa usia kandungan Anda. Tes pertama yang dilakukan adalah USG transvaginal, yang dilakukan pada tahap awal kehamilan. Kemudian, USG transabdominal pada uterus, yang sudah mulai tumbuh, dilakukan melalui dinding abdomen.

Kedua metode tes tersebut untuk memastikan kantung, lokasi, dan pergerakan janin. Penggunaan USG secara teratur dianjurkan oleh dokter pada usia kandungan 8 dan 18 minggu. Karena pada usia ini, perhitungan yang akurat bisa dibuat.

Seperti itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk hitung usia kehamilan. Mulai dari cara yang paling mudah dan murah, hingga cara yang membutuhkan biaya lebih. Jika Anda tidak mau repot, menggunakan kalkulator kehamilan adalah cara yang sangat disarankan. Untuk bisa mengaksesnya, Anda hanya perlu membuka website klikdokter.com saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

6 Nama Bayi Perempuan Dengan Berbagai Arti yang Unik

Nama bayi perempuan tentu banyak dibutuhkan oleh pasangan yang akan memiliki buah hati berjenis kelamin perempuan. Banyak sekali nama-nama yang unik dan juga berarti baik. Namun, apa saja pilihan diksi