Home » Bolehkah Berolahraga Selama Ramadan?

Bolehkah Berolahraga Selama Ramadan?

Seleb.co.id – Tak sedikit orang yang merasa takut untuk melakukan aktivitas olahraga dikala berpuasa.Namun perlu diketahui bahwa berolahraga selama Ramadan tidak akan menimbulkan efek buruk pada tubuh Anda. Justru itu akan membuat Anda sehat.Menurut Dr. Javaid Shah, seorang dokter spesialis di Dubai, mengatakan bahwa latihan disaat puasa akan menjaga otak, sistem saraf dan juga serat otot.”Ketika kita berolahraga selama puasa, itu akan memaksa tubuh kita untuk meluruhkan lemak, sama seperti proses pembakaran lemak di tubuh kita yang dikendalikan oleh sistem saraf simpatik, yang mana diaktifkan melalui latihan dan kekurangan makanan,” kata Dr Javaid, seperti seleb.co.id kutip dari Khaleej Times.Asisten fitness manager dan personal trainer di Fitness First dan Health Club, Sheu berkata bahwa berolahraga saat puasa dapat membantu menjaga berat badan.”Seseorang tidak harus berhenti berolahraga selama bulan Ramadan. Ini membantu untuk tetap mengontrol berat badan dan tetap sehat,” kata Sheu.Lantas kapan waktu terbaik untuk latihan?Dr Javaid menyarankan untuk melakukan aktivitas olahraga setelah shalat Tarawih, atau pada malam hari. Ketika kita sudah mengkonsumi makanan dan air yang cukup untuk menunjang latihan kita.Satu lagi keuntungan latihan di malam hari selama puasa, yakni kita dapat mengkonsumsi jus dan cairan lainnya selama latihan.Beberapa latihan juga bisa dilakukan setelah berbuka puasa atau sebelum sahur.”Berolahraga selama satu jam sebelum berbuka puasa memberi Anda keleluasaan dari makanan dalam jangka waktu yang singkat. Ini dapat meremajakan tubuh dengan cepat,” kata Sheu.Jenis latihan apa yang harus dilakukan?Latihan intensitas tinggi yang membuat denyut nadi anda berdetak di atas 150 per menit sebaiknya dihindari, terutama jika Anda belum berbuka puasa.Melakukan latihan ringan akan lebih baik untuk menjaga rutinitas olahraga Anda selama puasa. Hal itu ditujukan untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar.Jenis latihan ringan yang bisa dilakukan selama puasa menurut para ahli diantaranya adalah jalan cepat, joging ringan, bersepeda, cross training dan light machine di gym.Yang terpenting dari itu semua adalah mengkonsumsi makanan yang seimbang dan mencukupi asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu menjaga latihan rutin Anda selama satu bulan.Asupan karbohidrat dikonsumsi selama sahur untuk membantu Anda tetap energik. Mengkonsumi makanan yang kaya protein setelah buka puasa untuk membantu Anda meremajakan tubuh.

Jun 6, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *