Home » Tips Hadapi Puasa Untuk Fitness Mania

Tips Hadapi Puasa Untuk Fitness Mania

Seleb.co.id – Dalam kondisi puasa, tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Hal ini akan berdampak pada minimnya Anda untuk melakukan aktivitas olahraga, terutama gym/fitness. Padahal melakukan aktivitas olahraga saat Ramadan justru memberi banyak manfaat pada kesehatan.Menurut altet binaraga asal Bandung, Ali Karna, mengatakan bahwa sah-sah saja seseorang untuk menjalani aktivitas olahraga, khususnya Gym, di kala puasa. Akan tetapi, juara I dalam ajang Pesta Raga 2012 di Bali itu menyarankan untuk mengganti waktu latihan fitness di malam hari.”Latihan sih boleh-boleh saja, mau siang atau sore. Tetapi, alangkah baiknya untuk mengganti waktu latihan (gym) di malam hari, setelah berbuka puasa dan memasukan karbohidrat untuk mendapatkan tenaga,” tutur Ali Karna, saat di jumpai dalam sebuah acara di gym DUO SHINE FITNESS di kawasan Depok pada beberapa waktu lalu.Lebih lanjut, Ali menyarankan kepada fitness mania untuk tidak mengambil pola latihan berat ketika sedang puasa.”Bila ingin tetap latihan saat puasa, sebaiknya jangan angkat berat dulu,” terang Ali.Ali juga menyarankan agar tidak terlalu makan banyak dikala berbuka puasa. “Setelah berbuka, jangan makan terlalu banyak dulu. Secukupnya saja. Setelah jam 7, kita pergi latihan dan sesudah itu baru makan, termasuk mengkonsumsi suplemen,” ujarnya.Sedangkan untuk sahur, Ali menyarankan untuk mengkonsumsi makan yang mengandung protein dan serat tinggi. Dia juga menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen.”Pas sahur, usahakan untuk makan sehat (protein tinggi & serat) dan mengkonsumsi suplemen. Ini ditujukan untuk mempersiapkan diri kita dari pagi sampai adzan magrib,” tambahnya.Menurutnya, suplemen yang paling baik untuk dikonsumsi dikala puasa adalah glutamin dan susu whey protein. Sedangkan untuk tenaga, Ali menyarankan untuk menggunakan creatin.”Buat powernya boleh gunakan creatin,” tutupnya.

May 27, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *