Home » Tips Agar Tetap Latihan di Gym Selama Bulan Puasa

Tips Agar Tetap Latihan di Gym Selama Bulan Puasa

Seleb.co.id – Awal bulan depan (Juni 2016), umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa. Selama satu bulan kedepan, seluruh umat muslim akan menahan lapar dan haus dari subuh hingga adzan Maghrib. Bahkan tak hanya lapar & haus, Ramadhan juga mengharuskan umat muslim untuk menahan hawa napsu.Namun, apakah lantaran berpuasa kita harus absen latihan di gym?”Jika Anda benar-benar merasa segar, memiliki persiapan dan energik, maka tidak ada salahnya untuk pergi ke gym dan latihan,” tutur Apip, personal trainer gym DUO SHINE Fitness, saat ditemui seleb.co.id di kawasan Pondok Aren, Tangerang, Selasa (17/5).”Tapi ingat jangan berlebihan. Bedakan pola latihan di saat berpuasa. Sebaiknya lakukan latihan yang sifatnya ringan. Itu akan membantu Anda untuk menjaga kinerja organ tubuh dan sirkulasi darah,” tegas Apip lagi.Selain menjaga kinerja tubuh & sirkulasi darah, lanjut Apip, latihan di gym saat puasa juga memberikan keuntungan lain, yakni menghilangkan lemak berlebih.”Latihan di gym saat puasa adalah momen yang sangat bagus untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh,” tambah Apip.Meski tidak makan, tapi Apip meyakini jika tubuh akan terasa lebih berenergi ketika latihan di saat perut dalam keadaan kosong.Berikut ini tips dari DUO SHINE FITNESS untuk tetap melakukan latihan di gym saat puasa atau selama bulan Ramadhan.- Lakukan latihan kardiovaskular ringan – berjalan atau bersepeda – untuk membantu membakar kalori dan meningkatkan stamina. Bisa juga dengan latihan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan detoksifikasi, atau latihan ringan lain seperti latihan abs dan push-up.- Perbanyak minum air antara jam buka puasa dan sahur. Minum air serta air kelapa untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh Anda. Elektrolit sangat penting untuk mengatur fungsi jantung, saraf dan otot.- Jangan lakukan latihan yang berat, seperti berlari, atau mengangkat beban. Sebaiknya ubah pola latihan Anda ke arah yang lebih ringan. Bila Anda lakukan latihan yang berat kala puasa, maka dapat memicu cedera sendi atau otot. Bahkan dapat menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah rendah, hipoglikemia dan pusing.- Jangan melanjutkan latihan jika Anda merasa lemah, pusing atau sakit. Turunkan intensitas latihan yang biasa Anda lakukan. Itu sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.- Jangan mengkonsumi makanan junk food, goreng-gorengan dan berlemak. Itu akan membuat latihan yang Anda lakukan di gym menjadi sia-sia. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan juga bergizi seperti dada ayam, ikan tuna, oat, telur, tahu, tempe, susu atau yoghurt, kacang-kacangan, sayur dan buah.- Hindari kopi & teh hijau karena keduanya bersifat diuretik. Minum saja air putih untuk menghindari dehidrasi.

May 18, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *