Home » 7 Latihan Terbaik Untuk Membentuk Otot Punggung

7 Latihan Terbaik Untuk Membentuk Otot Punggung

Seleb.co.id – Bila Anda menginginkan tubuh bagian belakang Anda terlihat berotot, maka anda harus menargetkan latihan punggung / sayap (back exercise).Selain memperindah bentuk tubuh bagian belakang, latihan punggung juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk membantu memperbaiki postur tubuh yang bungkuk menjadi tegap.Berikut ini enam pola latihan untuk membangun otot punggung.1. PULLUP & CHINUPPullup dan ChainupJika Anda menginginkan tubuh Anda berbentuk V, maka Anda harus melakukan pullups dan chinups. Latihan ini menargetkan otot latissimus dorsi (a.k.a. lats), otot besar di bagian punggung yang posisinya mengelilingi sisi tubuh atau tepatnya berada di bawah lengan.2. LAT PULLDOWNSLAT PULLDOWNSLatihan lat pulldowns sangat bagus untuk membentuk otot punggung Anda. Agar dapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan latihan ini dengan tempo lambat dan juga terkontrol. Pastikan otot lats Anda berkerja setiap kali Anda melakukan repetisi.3. DEADLIFTDEADLIFTDeadlift adalah salah satu latihan yang sangat baik untuk membentuk otot punggung (back). Latihan menargetkan otot-otot punggung Anda, termasuk otot punggung bagian atas (rhomboids, trapezius, erector spinae, otot deltoids bagian belakang, dan lats). Sebaiknya perhatikan posisi tubuh Anda ketika melakukan latihan ini. Bila tidak dilakukan dengan benar, maka akan menimbulkan cedera.4. SINGLE-ARM DUMBBELL ROWSINGLE-ARM DUMBBELL ROWLatihan SINGLE-ARM DUMBBELL ROW berfokus adalah salah satu variasi untuk pembentukan otot punggung. Latihan ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot bisep, bahu dan membantu memperbaiki ketidakseimbangan kekuatan Anda.5. BENT-OVER UNDERHAND BARBELL ROWBENT-OVER UNDERHAND BARBELL ROWDibandingkan dengan variasi row yang lain -seperti single-arm dumbbell row- versi barbell memungkinkan Anda untuk menggunakan beban yang lebih berat. Dengan beban yang lebih berat, maka akan memicu pertumbuhan otot yang lebih banyak dari trapezius di bagian tengah dan bawah. Ini juga menargetkan pertumbuhan pada otot punggung lain seperti rhomboids major, rhomboideus minor, trapezius bagian atas, deltoids bagian belakang, dan otot manset rotator.6. SEATED CABLE ROW W/ PAUSESEATED CABLE ROW W/ PAUSESeated cable rows adalah latihan yang paling populer untuk membentuk otot punggung. Agar dapatkan hasil yang maksimal, saat latihan ini anda harus menahan bar selama tiga detik ketika bar tersebut sampai ke tubuh Anda. Tahan bar ditujukan agar scapular retractors Anda bekerja lebih lama. Penguatan otot-otot ini sangat penting. Bila otot ini lemah, maka dapat menyebabkan ketidakstabilan pada bagian bahu. Hal ini tentudapat membatasi kekuatan dan pembentukan otot-otot di hampir setiap latihan tubuh bagian atas, termasuk bench press dan arm curl.7. LEVERAGE HIGH ROWLEVERAGE HIGH ROWLeverage High row tetap sebagai salah satu latihan yang paling populer dan efektif untuk meningkatkan kekuatan otot punggung bagian atas. Meskipun High Leverage Row memerlukan peralatan yang tepat tapi latihan itu sendiri cukup mudah untuk melakukan.

Apr 6, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *