Home » 7 Hal Yang Dapat Menyebabkan Cedera Saat di Gym

7 Hal Yang Dapat Menyebabkan Cedera Saat di Gym

Seleb.co.id – Datang ke gym tidak hanya mempersiapkan kekuatan fisik kita untuk membangung otot. Anda juga butuh menjaga agar tdiak cedera. Berikut tujuh hal yang perlu anda perhatikan agar tidak cedera saat di Gym.1) Teknik latihan yang salahCedera yang paling umum terjadi di gym disebabkan oleh teknik latihan yang salah. Efek dari latihan yang salah ini dapat menarik atau merobek otot atau bisa juga membuat otot jadi terkilir. Pelajari cara untuk melakukan latihan yang aman dan benar; jangan takut untuk bertanya kepada instruktur fitness soal tata cara latihan.2) Beban terlalu berlebihanSemakin banyak beban, maka semakin cepat dalam membentuk otot. Tapi anda perlu hati-hati karena terlalu banyak menggunakan beban dalam latihan sangatlah berisiko tinggi dengan potensi cedera.”Sebaiknya perlahan-lahan untuk meningkatkan beban. Untuk pemula, sebaiknya gunakan beban yang ringan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk meningkatkan bebannya,” tutur Ilay, personal trainer DUO SHINE FITNESS, saat ditemui di daerah Meruya, Jakarta Barat, Senin (7/3).3) Kurang Warming up (pemanasan)Pemanasan sebelum latihan ditujukan untuk meminimalisir cedera. Warming up dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot. Hal ini juga dapat meningkatkan suhu otot, sementara juga mengurangi kekentalan darah dan mendukung fleksibilitas dan mobilitas.”Lakukan pemanasan dengan menggunakan sepeda stasioner, air walker, naik-turun tangga dan pemanasan lainnya minimal 5-10 menit sebelum peregangan,” tambah Ilay.4) Tidak lakukan stretching (peregangan)Peregangan berbeda dari pemanasan. Peregangan dapat membantu untuk merileks-kan dan meregangkan otot setelah pemanasan dan juga sebelum dan sesudah latihan beban. Hasil dari pemanasan dan peregangan, otot akan jadi hangat dan lentur. Selain itu, peregangan antara set sebenarnya membantu untuk membangun otot dengan meningkatkan sirkulasi otot dan meningkatkan elastisitas fascia di sekitar otot.5) Terlalu Sering LatihanLatihan yang terlalu sering juga tidak baik untuk massa otot, latihan dengan waktu yang terlalu sering dapat menyebabkan perlambatan dalam penyebaran massa otot, Otot memerlukan waktu istirahat sekitar 2 hari untuk memulihkan kembali dan memperbanyak massa otot. Latihan yang terlalu sering juga sering menyebabkan cedera pada bagian-bagian tertentu.6) Kurang asupan giziTak hanya salah dalam teknik latihan, cedera juga kerap terjadi pada seseorang yang kurang asupan gizi. Kurang gizi dapat membuat anda lelah, kepanasan dan berujung pada cedera. Waspadai latihan beban berat ketika sedang dalam keadaan lemah karena diet atau makan dibatasi. Sebaiknya tidak gunakan bobot besar, repetisi rendah, dan jangan terlalu dipaksa.7) Kurang konsentrasiJika anda sedang dalam kondisi terganggu, sibuk atau lesu ketika latihan, Anda akan mengundang datangnya cedera. Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan mereka dan sering berolahraga tetap berkumpul setelah sibuk atau begadang malam sebelumnya, sehingga mereka tidak dapat berkonsentrasi dengan baik saat bermain, dan dengan demikian dapat meningkatkan kemungkinan cedera. Juga, dalam proses persaingan kompetisi yang ketat, keinginan untuk menang atau memiliki seseorang di audiens dan Anda benar-benar ingin menyenangkannya dapat membuat Anda cemas dan tegang, meningkatkan risiko cedera.

Mar 8, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *