Home » 5 Hal Ini Dapat Mengganggu Latihan Anda di Gym

5 Hal Ini Dapat Mengganggu Latihan Anda di Gym

Seleb.co.id – Seberapa lama latihan Anda? Jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda. Ternyata, rata-rata orang latihan hanya sekitar 11 menit untuk setiap jam yang dihabiskan di gym. Sementara sisanya terbuang. Untuk apa? Nah, tak sedikit yang membuang waktu latihan berharganya untuk chatting. Ada juga yang menghabiskannya dengan mengambil waktu istriahat yang berlebihan diantara set. Tetapi ada juga beberapa gangguan lain yang dapat menghabiskan waktu Anda berjam-jam, dan akhirnya, menghambat latihan Anda. Jadi sudahi menghabiskan banyak waktu latihan Anda dalam sehari, dan mulai lah untuk memaksimalkan waktu yang Anda miliki. Berikut lima hal yang mengganggu latihan Anda di gym.HandphoneSaat Anda hendak berangkat gym, alangkah baiknya untuk tidak membawa gadget, termasuk headphone Anda. Sebaiknya tinggalkan gadget Anda di rumah. Keberadaan gadget akan mengganggu fokus latihan Anda di gym.Sebuah studi terbaru dari Swiss melaporkan bahwa mendengarkan musik selama latihan dapat memberikan efek yang tidak baik pada kinerja latihan Anda. Ketika seorang atlet CrossFit melakukan angkatan sembari mendengarkan musik, maka ia hanya melakukan repetisi (pengulangan) lebih sedikit ketimbang atlet yang tidak mendengarkan lagu. Para peneliti percaya musik dapat mengganggu fokus seseorang, dan dapat mengurangi tenaga seseorang.TemanAnda boleh saja ajak teman anda untuk hangout ke tempat hiburan, tapi jangan sesekali mengajaknya ke gym.”Kehadiran rekan latihan memang bisa menambah motivasi, tetapi mereka juga datang dengan gangguan besar,” kata seorang trainer bernama Sean De Wispelaere, seperti seleb.co.id kutip dari menshealth.com, Rabu (24/2).”Mengobrol selama set, menunggu giliran untuk menggunakan alat fitness, atau menunggunya untuk kembali dari kamar mandi dapat mengurangi latihan Anda,” lanjut Sean.Studi dari University of California Los Angeles menyebutkan bahwa  latihan bersama trainer atau pelatih dapat meningkatkan kinerja dan hasil.Kekuatan Atlet yang berada di bawah bimbingan trainer akan meningkat sebesar 10 sampai 15 persen ketimbang mereka yang latihan tanpa didampingi oleh siapa pun.”Tugas utama seorang trainer adalah untuk meningkatkan hasil,” tutur Sean. “Mereka (trainer) akan fokus untuk Anda, sehingga mereka akan memerhatikan Anda setiap menit,” tambahnya.Latihan AndaSayangnya, Anda tidak bisa memilih bagian mana dari tubuh Anda yang ingin lemaknya dihilangkan. “Terlalu banyak orang yang membuang banyak waktunya untuk mengkhususkan daerah-daerah tertentu, tetapi ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa latihan yang terfokus pada satu bagian dari tubuh Anda tidak akan membantu Anda dalam mengurangi lemak di daerah tertentu,” kata Mack, seorang pakar gym.Jika Anda ingin membakar satu ton lemak dengan cepat, tetap dengan melakukan latihan yang merata ke seluruh tubuh. Anda bisa melakukannya dengan latihan untuk beberapa kelompok otot besar sekaligus, atau fokus dengan latihan untuk membakar kalori secara intens dengan latihan yang lebih sedikit dan dalam waktu yang sedikit, lanjut Mack.Peralatan fitness AndaAnda harus bekali pengetahuan anda tentang tata cara penggunaan atau latihan dengan sebuah alat fitness. Bila tidak, Anda akan banyak kehilangan waktu berharga Anda di gym. Ketika anda buta (tidak memiliki pengalaman ataupun pengetahuan tentang fitness), Anda sebaiknya bertanya kepada instruktur fitness. Hindari sok tahu, atau mencoba mencari tahu sendiri dari penggunaan alat fitness.”Saya menghabiskan setahun latihan di sebuah gym tanpa pengetahuan tentang powerlifting, dan aku belum pernah dilatih lebih baik,” kata Tony Gentilcore, C.S.C.S., co-pendiri Cressey Performance di Hudson, Massachusetts.”Perkuat efisiensi Anda di gym dengan kompleks,” saran Tony.Latihan Kardio AndaMasih di treadmill untuk cardio? Berhenti. Ganti 10 menit latihan treadmill dengan meningkatkan kegiatan kardiovaskular Anda sebanyak 50 menit dari joging dengan kecepatan sedang, menurut penelitian dari McMaster University di Ontario, Kanada.

Feb 24, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *