Home » Lemas Saat Latihan? Anda Mungkin Kurang Tiga Nutrisi Ini

Lemas Saat Latihan? Anda Mungkin Kurang Tiga Nutrisi Ini

Seleb.co.id – Apakah belakangan ini Anda pernah merasa lemas atau lesu saat berada di gym? Bila iya, maka tubuh Anda kemungkinan kekurangan nutrisi.Berikut adalah tiga element nutrisi yang perlu dipenuhi untuk membantu Anda dalam membentuk badan agar lebih ramping, bugar, dan menjaga keseimbangan yang tepat.VITAMIN DAda banyak penelitian tentang manfaat vitamin D untuk para atlet, termasuk mengurangi resiko cedera, dan memperbaiki fungsi otot dan tenaga. Sebuah studi menemukan bahwa Atlet dengan kadar vitamin D yang cukup akan memiliki kekuatan otot dan kecepatan yang sangat baik, ketimbang yang tidak sama sekali (asupan vitamin D).Studi lain menemukan bahwa suplemen vitamin D secara signifikan membantu membatasi jumlah waktu yang sel perlukan untuk mengisi ulang energi setelah kontraksi otot. Hal itu membantu untuk menghemat kerja otot, dan menghindarkan Anda dari kelelahan.Dan sebuah studi baru dari Queen Margaret University di Edinburgh menyimpulkan bahwa suplemen vitamin D dapat meningkatkan kinerja olahraga Anda dan menurunkan risiko penyakit jantung.Peneliti memiliki 13 orang dewasa yang sehat, dimana salah seorang diantara mereka diberi 50μg (2.000 IU) vitamin D atau plasebo setiap hari selama dua minggu. Orang yang mendapatkan asupan vitamin D memiliki tekanan darah dan hormon stres kortisol yang lebih rendah. Selain itu, 30 persen orang yang mengkonsumi vitamin D mampu mengoes sepeda lebih jauh dengan sedikit pengerahan tenaga.Sumber Vit D: Sinar UV (ultraviolet) atau Matahari, salmon, tuna, telur utuh (vitamin D ditemukan dalam kuning telur), dan jamur.MAGNESIUMMineral ini sangat penting, keempat yang melimpah di dalam tubuh, terhubung atau berkaitan dengan lebih dari 300 reaksi metabolisme. Selain membantu anda dalam menjaga otot, fungsi saraf, irama jantung, tekanan darah, dan regulasi gula darah, magnesium juga diperlukan untuk membuat DNA. Jadi magnesium sangat penting untuk membangun otot dan tulang yang lebih kuat.Di antara atlet, yang memiliki asupan magnesium lebih tinggi terbukti dapat meningkatkan tenaga, pengambilan oksigen, produksi energi, dan keseimbangan elektrolit. Bila kekurangan mineral ini secara marjinal dapat mengganggu tidur Anda yang berdampak pada perkembangan otot Anda.Gejala yang akan timbul bila anda kurang mineral ini secara serius berupa nafsu makan yang buruk, mual, mati rasa, kesemutan, dan irama jantung yang abnormal. Gejala yang tak terlihat bila anda kekurangan magnesium adalah kelelahan, tapi itu mungkin bisa saja disebabkan karena olahraga, atau kurang tidur.Untuk menghindarkan Anda kekurangan magnesium adalah dengan mengurangi kafein, alkohol, dan gula.Sumber Magnesium: Almond, alpukat, bit dan hijau bit, beras merah, gandum, kacang mete, coklat hitam, millet, kacang-kacangan (kacang, kacang polong, dan lentil), biji labu, quinoa, biji wijen, bayam, dan biji bunga matahari.VITAMIN CSelain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat menjaga daya tahan latihan anda. Nutrisi ini juga membantu mempercepat pemulihan dan pembakaran lemak, baik itu saat istirahat dan selama latihan, yang dapat menghindarkan Anda dari kelelahan dan memperlama durasi latihan Anda.Vitamin C diperlukan untuk membentuk tendon, ligamen, tulang rawan, dan tulang, sehingga memainkan peran penting dalam penyembuhan dan menempatkan Anda untuk terus melakukan olahraga.Sumber vitamin C: jeruk, paprika merah, brokoli, kubis Brussel, kiwi, stroberi, dan melon.

Jan 18, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *