Home » 6 Pola Latihan Fitness dengan Dumbbell

6 Pola Latihan Fitness dengan Dumbbell

Seleb.co.id – Selain latihan dengan barbell, membangun kekuatan otot tubuh juga dapat menggunakan dumbbell.Latihan rutin dengan dumbbell akan membantu anda dalam membentuk otot utama (dada, perut, bahu, punggung, paha, dll). Selain itu, dumbbells juga dapat membantu anda untuk memperbaiki ketidakseimbangan kekuatan pada salah satu bagian otot yang telah Anda latih.Bukan itu saja, dumbbell juga mampu mengurangi risiko cedera saat latihan. Dengan dumbbel, Anda dapat menahan dengan satu tangan, dan seluruh latihan terfokus pada bagian yang sedang dituju, sehingga bisa menghindari cedera.Berikut beberapa latihan full body dengan dumbbell1. Floor PressLetakkan dumbbells di lantai atau di depan Anda. Jongkok untuk mengambil dumbblle yang sudah diletakan di lantai sambil menjaga punggung tetap tegak. Angkat (ambil) dumbbell secara eksplosif (cepat) melalui tumit Anda sampai setinggi bahu. Lalu dorong beban itu lurus keatas. Lakukan 6-8 repetisi.2 . SquatBerdiri dngan memegang dumbbell di kedua tangan Anda. Jongkok serendah mungkin sembari menjaga punggung tetap tegak. Lakukan 12-15 repetisi.3. Romanian DeadliftPegang dumbbell di depan Anda dengan kaki dibuka selebar pinggul Anda. Dorong pinggul Anda ke belakang dan membungkuk ke depan (seperti rukuk). Anda boleh membiarkan lutut Anda ditekuk sedikit. Setelah itu, naikkan tubuh anda kembali ke posisi awal. Lakukan 12-15 repetisi.4 . Two-hand Dumbbell RowBungkukkan badan/tubuh seperti posisi Romanian Deadlift dan angkat kedua beban ditangan anda hingga ke sisi anda. Pandangan diwajibkan fokus lurus kedepan atau kearah dumbbell. Lakukan 4-6 repetisi.5. PushupTempatkan satu set dumbbells sejajar satu sama lain di lantai dengan jarak selebar bahu Anda. Pasang posisi push-up dengan tangan memegang dumbblle. Lakukan push-up normal/biasa dan ambil repetisi sebanyak yang Anda bisa.6. One-Arm Dumbbell RowLetakan dumbbell di setiap sisi bangku datar. Letakan lutut kanan di ujung bangku. Tekuk tubuh Anda dari pinggang sampai tubuh bagian atas. Pastikan posisinya sejajar dengan lantai, sementara letakkan tangan kanan Anda di bangku bagian depan Anda untuk menopang/menahan bobot tubuh agar seimbang. Dengan menggunakan tangan kiri, ambil/pegang dumbbell yang sudah anda letakan di sisi bangku. Angkat/tarik dumbbell lurus ke sisi dada Anda, sembari menjaga punggung tetap lurus. Setelah itu turunkan untuk kemudian angkat kembali dan lakukan repitisi sebanyak 8-10 kali.

Dec 14, 2015 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *