Home » 11 Hal Yang Membuat Anda Gagal Hilangkan Lemak Dalam Tubuh

11 Hal Yang Membuat Anda Gagal Hilangkan Lemak Dalam Tubuh

Seleb.co.id – Bagaikan dunia runtuh ketika Anda mengalami kegagalan dalam memangkas lemak pada tubuh Anda. Sejumlah pertanyaan pun akan muncul, seperti “Mengapa cara ini tidak berjalan?” dan “Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk menurunkan berat badan?”.Seiring waktu, Anda akan mengalami frustrasi dan putus asa karena hasil dari latihan keras dan pola makan yang diterapkan untuk memangkas lemak adalah sia-sia.Tapi jangan khawatir. Kegagalan yang terjadi pasti ada penyebabnya. Yang Anda butuhkan hanya untuk mengungkap kesalahan dari apa yang merusak Anda dan lakukan perubahan dalam memangkas lemak pada tubuh Anda.Berikut hal-hal yang membuat Anda gagal untuk memangkas lemak pada tubuh Anda.1. Kurang CardioCardio adalah salah satu cara untuk menghilangkan lemak. Semakin lama latihan Cardio, maka semakin banyak kehilangan lemak. Lakukanlah Cardio secara interval. Hal itu ditujukan untuk membakar lebih banyak kalori, lemak, dan menciptakan efek metabolik yang besar.2. Berbuat ‘Curang’Demi kehilangan lemak, tak jarang jika seseorang lebih memilih untuk melewatkan sarapan, makan malam, hingga mengurangi porsi makan. Perlu diketahui, selama kekurangan kalori, tubuh Anda akan mengurangi kadar dari leptin.Leptin adalah hormon yang mengontrol berat badan dan membantu Anda untuk menahan diri dari rasa lapar. Leptin yang rendah tidak hanya akan membuat Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan lemak gain, yang dapat mengembalikan leptin dalam tubuh Anda. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, namun jangan berlebihan. Cukup seskali. Dan hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak.3. Kurang Konsumsi ProteinKurang asupan protein dapat memperlambat pembakaran lemak karena tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk mencerna protein ketimbang makronutrien lain (karbohidrat dan lemak). Protein juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan mempertahankan massa otot. Pastikan Anda mengkonsumsi setidaknya 1g protein per-pon berat badan saat diet.4. Tidak Fokus Pada Latihan KekuatanJangan lupakan latihan berat ketika Anda mencoba untuk menghilangkan lemak dalam tubuh Anda. Selama kekurangan kalori, tubuh Anda akan kehilangan otot dan cara terbaik untuk mencegah hal itu adalah dengan berlatih keras dan berat. Menambahkan lebih banyak otot juga meningkatkan metabolisme basal Anda. Itu tentu dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.Ketika Anda latihan, fokuslah pada pembentukan kekuatan fisik dan bobot untuk mencegah agar otot tidak menyusut. Lakukan repetisi (4-8 kali/set) dalam latihan Anda. Tentunya dengan bobot yang lebih berat.5 Terlalu StresStres mental dan fisik dapat membatasi kehilangan lemak karena mengangkat kortisol Anda. Tingginya kadar kortisol mengganggu produksi testosteron dan hormon pertumbuhan, yang berdampak pada pertumbuhan otot dan meningkatkan lemak (terutama di sekitar pinggang). Bahkan stres juga dapat melemahkan tulang Anda.Luangkan waktu untuk bersantai dan menghilangkan depresi/masalah dari kehidupan sehari-hari dengan hal-hal seperti yoga, stretching (pemanasan/peregangan), meditasi dan latihan pernapasan. Pastikan Anda untuk mengambil setidaknya satu hari istirahat dalam seminggu dari setiap latihan untuk mencegah overtraining, yang juga dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon penyebab stres) dalam tubuh Anda.6. Tidak Mencatat Apa Yang Anda KonsumsiBila Anda sedang fokus menghilangkan lemak, namun tidak mencatat asupan yang di konsumsi, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sia-sia. Buatlah jurnal makanan. Tujuan dari jurnal itu adalah untuk mengungkapkan perkembangan yang terjadi dalam tubuh Anda dan apa yang perlu di ubah untuk memperbaiki keadaan. Hal ini juga akan meningkatkan kesadaran untuk membantu Anda tetap bertanggung jawab dan membuat pilihan tentang makanan yang terbaik untuk tubuh Anda. Jika menulis jurnal membuat Anda bosan, maka Anda bisa mengambilnya dengan jurnal foto.7. Anda Tak Konsumsi Cukup LemakStop untuk memangkas lemak; Anda butuh itu. Pada tahun 2007, para peneliti dari Australia menemukan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan minyak ikan (yang merupakan lemak) mampu menurunkan lemak tubuh lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya berolahraga. Peneliti dari Perancis juga menemukan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan sekitar dua pon lemak hanya dalam tiga minggu. Dapatkan lemak dalam tubuh dari sumber yang sehat seperti minyak zaitun, lemak hewan, alpukat, minyak kelapa dan ikan. Hindari lemak trans dan minyak terhidrogenasi, yang tidak lemak nyata, tapi buatan manusia.8. Tak Minum Cukup AirPenuhilah air dalam tubuh Anda. Dehidrasi dapat merusak rencana Anda untuk kehilangan lemak, karena metabolisme Anda akan melambat untuk menghemat air. Konsumsilah banyak air untuk menjaga tubuh Anda berfungsi optimal. Dalam hal ini dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Pada tahun 2003, sebuah studi dari Jerman menemukan bahwa minum setengah liter air dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen.9. Kurang Hati-hati dengan Makanan ‘Sehat’Tidak semua makanan “sehat” baik untuk kesehatan. Banyak yang menggunakan taktik pemasaran yang cerdik untuk menarik pembeli. Seperti sereal sarapan “sehat” yang dapat meningkatkan kadar gula seperti candy bar, dan beberapa jenis jus buah yang mengandung banyak kalori dan gula lebih dari sekaleng soda. Bukan itu saja, banyak pilihan makanan rendah kalori yang mengandung pemanis buatan dan minyak untuk memberi mereka rasa dan tekstur alami, yang tentu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hindari ini dan fokus untuk mendapatkan makanan sehat yang alami dan belum di proses.10. Pangkas KarbohidratMengurangi karbohidrat dapat mengganggu kinerja fisik dan mampu memangkas lemak dalam tubuh. Bagi orang yang latihan kekuatan beberapa kali dalam seminggu (seperti Anda), Anda benar-benar membutuhkan karbohidrat untuk menyuplai asupan energi, membangun dan memulihkannya. Tanpa karbohidrat, bagaimanapun, akan menyebabkan latihan Anda tak stabil alias datar dan tentunya kehilangan otot Anda.Demi menghilangkan lemak, sebaiknya konsumsi karbohidrat ketika Anda latihan kekuatan. Pilihlah sumber karbohidrat yang baik seperti ubi jalar, biji-bijian, buah-buahan dan quinoa.11. Kurang Protein Shake Setelah LatihanProtein shake mampu membangun massa otot lebih, yang meningkatkan jumlah kalori yang terbakar per-hari. Selain itu, Protein sahke juga dapat meningkatkan pembakaran kalori Anda setelah latihan.Protein shake adalah salah satu jenis minuman olahraga (sport drink) yang terbuat dari bubuk protein dengan dapat dicampur dengan air. Ini bisa disebut sebagai suplemen makanan untuk diet.Jika tidak suka dengan protein shake, Anda bisa menggunakan BCAA sebagai gantinya. Peneliti Perancis menemukan bahwa BCAA membantu atlet untuk memangkas lemak dalam tubuh mereka dan menstabilkan tenaga saat diet.

Nov 9, 2015 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *