Home ยป Studi: Internet Berperan Besar Dalam Perkembangan Musik EDM

Studi: Internet Berperan Besar Dalam Perkembangan Musik EDM

Seleb.co.id – Awal tahun ini, layanan Eventbrite melakukan penelitian tentang korelasi antara penemuan musik baru dan antusias penikmat musik EDM (Electronic Dance Music) untuk datang ke sebuah konser musik. Setelah empat bulan kemudian, layanan tersebut merilis hasil dari penelitiannya itu.

Dalam studinya itu, sebanyak tiga perempat (sekitar 75 persen) dari pendengar musik EDM adalah usai 18 dan 34 tahun. 63 persen dari mereka adalah laki-laki, sementara 37 persen sisanya adalah perempuan.

Studi juga mengungkap aliran musik lain yang juga turut didengarkan oleh para penikmat dugem itu, seperti Alternatif / Modern Rock (30 persen), dan Hip Hop / Rap (26 persen).

Selain itu, studi juga melihat bagaimana antusias dari para pencinta EDM untuk menghadiri event/acara musik. Tercatat ada sekitar 75 persen responden mengaku menghadiri acara EDM setidaknya sebulan sekali, dan hampir separuhnya (sebanyak 40%) pergi mendatangi acara sebanyak dua atau lebih selama sebulan.

Studi juga mengungkap tentang bagaimana para penggemar EDM dalam menemukan lagu-lagu baru. Dalam hal ini, studi mengungkap bahwa 63 persen dari responden menemukan musik EDM baru melalui layanan streaming online, seperti Spotify, Pandora, Soundclound dan sejenisnya. Sedangkan sisanya mengaku mengetahuinya dari Radio (28 persen), mulut kemulut (21 persen), dan media sosial (17 persen).

Setelah menemukan penyanyi/idola baru, 95% dari pendengar akan memasukannya ke dalam playlist mereka , kemudian 71 persen responden memilih untuk membeli lagu atau album dari penyanyi, dan 6o persen menyatakan akan membeli tiket untuk menonton pertunjukan penyanyi secara live atau melalui event festival.

Eventbrite juga memperlihatkan betapa besarnya peran media sosial dalam memberikan informasi seputar pertunjukan musik EDM.

Studi mengungkapkan bahwa 56 persen responden mengaku bahwa mereka mengatahui event atau acara pertunjukan musik EDM dari sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, snapchat, atau Instagram. Sisanya, 55 persen responden mengaku bahwa mengetahui pertunjukan EDM dari radio dan 40 persen mengaku dari media cetak online. Sedangkan sebanyak 29% dari penggemar EDM mengetahui adanya pertunjukan/konser dari mulut ke mulut.

Oct 10, 2015 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *