7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Untuk Pria Berusia Lebih 40 Tahun
Home » 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Untuk Pria Berusia Lebih 40 Tahun

7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Untuk Pria Berusia Lebih 40 Tahun

Seleb.co.id – Saat usia Anda menginjak diatas 40 tahun, metabolisme Anda akan melambat. Hal itu akan berdampak pada kesulitan dalam menurunkan berat badan.”Metabolisme kita mulai menurun di awal 30-an, dan itu akan membuat Anda sulit untuk mempertahankan berat badan ideal atau bahkan menurunkan berat badan akibat lemak yang tidak sehat,” kata Robert Kominiarek, seorang direktur medis dan spesialis hormon di Alpha Male Medisdi, Ohio, AS, seperti dikutip mensfitness.com, Senin (28/11).Bila tak segera diatasi, Anda akan dihadapkan oleh sejumlah penyakit, termasuk dibetes, jantung, dan lain-lainnya. Selain olahraga, diet pun jadi pilihan yang tepat. “Diet sehat pun menjadi pilihan terbaik Anda ketika mencoba untuk menurunkan berat badan,” lanjutnya.Diet yang seimbang juga akan memberi energi harian untuk Anda, yang menunjang kegiatan harian Anda.Inilah tips diet menurunkan berat badan untuk pria berusia lebih 40 tahun:1. Menghitung jumlah Kalori Yang Masuk ke Tubuh AndaDi usia yang semakin menua, metabolisme kita akan melambat dan kita membakar kalori lebih sedikit per-hari ketimbang ketika kita masih muda.Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan diri untuk tidak mengkonsumsi kalori yang melebihi dari pembakaran kalori harian Anda-jadi jika Anda ingin berat badan Anda turun, mulailah untuk menghitung jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda.2. Berhenti Mengkonsumsi AlkoholAlkohol dapat mengganggu sistem organ di dalam tubuh Anda, terutama hati. Alkohol akan merusak hormon Anda. American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa pria akan mengkonsumsi makanan tambahan sekitar 433 kalori ketika mereka minum alkohol, biasanya mereka mengkonsumsi lemak jenuh, seperti daging, dan minuman keras itu sendiri.Sebaiknya berhenti mengkonsumsi minuman keras (jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan). Tapi setidaknya Anda harus bisa membatasi diri Anda untuk dua gelas per-minggu.3. Kurangi konsumsi DagingSebuah studi dari University of South Carolina menemukan bahwa orang-orang yang menerapkan diet nabati mengalami penurunan berat badan yang signifikan ketimbang mereka yang menerapkan diet dengan produk hewani.Bahkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan bahwa orang yang menerapkan pola diet vegetarian atau vegan tidak hanya akan alami penurunan berat badan sekitar 10 pound.Ada alasan lain untuk tidak mengkonsumsi daging, yakni satu dari tiga pria di atas usia 40 tahun di Amerika meninggal akibat penyakit jantung, dan mengkonsumsi banyak makanan nabati menjadi cara terbaik untuk mengoptimalkan kadar oksida nitrat endotel untuk perlindungan kardiovaskular dan kesehatan.4. Tingkatkan Asupan Protein“Setelah usia 40, pria biasanya kehilangan hingga 8 persen dari massa otot mereka per-dekade,” terang Pam Nisevich Bede, sorang ahli gizi untuk Abbott EAS Sports Nutrition. Sebuah studi dari Nutrition in Clinical Practice juga mengungkapkan bahwa asupan protein yang cukup akan membantu seseorang terhindar dari penyusutan otot yang berkaitan dengan usia (dikenal sebagai sarcopenia).Para peneliti juga merekomendasikan pria paruh baya untuk mengkonsumsi sekitar 25 sampai 30 gram protein berkualitas tinggi setiap kali mereka makan.5. Konsumsi SuplemenHMB (short for beta-hydroxy-beta-methylbutyrate) adalah sebuah senyawa yang berhubungan dengan protein yang mendorong otot Anda untuk menggunakan makronutrien.”Mengambil suplemen HMB dapat membantu dalam pertumbuhan otot di kala menginjak usia 40 tahun,” tambah Robert Kominiarek. Selain itu, Kominiarek juga mempertimbangkan untuk mengkonsumsi multivitamin yang kaya vitamin D.”Umumnya, pria dengan usia lebih dari 40 tahun akan kekurangan vitamin C, Vitamin D, magnesium, vitamin B, dan seng,” lanjut Kominiarek.Vitamin D sangat penting bagi kesehatan otot dan tulang, namun tak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari setelah usia mereka menginjak 40 tahun. Padahal hal itu sangat baik untuk dapatkan nutrisi alami selain dari makanan.6. Fokus pada IkanAsam lemak omega-3 secara alami ditemukan dalam daging ikan salmon. Omega-3 sangat penting dalam membantu mengurangi peradangan yang kerap dikaitkan dengan obesitas, demensia, diabetes, dan penyakit jantung.Ikan adalah cara untuk memerangi berat badan di samping sejumlah masalah lain yang kerap hadir dikala usia Anda yang semakin menemua.The American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali per-minggu.7. Berhenti konsumsi Karbohidrat olahanAnda harus bisa manahan godaan dari kue-kue manis yang terbuat dari karbohidrat olahan. Ingat usia Anda sudah menua dan metabolisme Anda melambat.Bila itu terjadi, tubuh Anda akan kelebihan gula dan itu dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Lebih dari itu, metabolisme Anda juga melambat,” jelas Robert.Memilih karbohidrat dari buah-buahan, sayuran-sayuran, dan biji-bijian seperti roti gandum dan quinoa akan memastikan gula darah Anda tetap stabil.

Nov 28, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *