Konsumsi Makanan Indeks Glikemik Rendah Dapat Turunkan Berat Badan
Home » Studi: Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah Dapat Turunkan Berat Badan

Studi: Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah Dapat Turunkan Berat Badan

Seleb.co.id – Sebuah studi yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa sesorang yang rutin mengkonsumsi makanan dengan Indeks Glikemik (IG) tinggi , maka dia akan memiliki beban tubuh yang lebih berat ketimbang seseorang yang mengkonsumsi lebih banyak makanan dengan Indeks Glikemik rendah.Studi tersebut dilakukan dengan mengikuti kebiasaan makan dari 120.000 orang selama 16 tahun.Makanan dengan Indeks Glikemik tinggi diantaranya adalah gula, karbohidrat dan biji-bijian olahan, sedangkan kacang-kacangan, susu, dan beberapa buah-buahan dan sayuran dianggap sebagai makanan dengan Indeks Glikemik rendah.Selain itu studi juga memperlihatkan tentang perpaduan makanan yang dapat mempengaruhi berat badan atau penurunan berat badan.Misalnya, saat Anda mengkonsumsi makanan seperti telur dan keju, lalu Anda memadukannya dengan makanan ber-Indeks Glikemik rendah seperti sayuran, maka itu akan menurunkan berat badan.Sementara sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi makanan ber-Indeks Glikemik rendah, kemudian memadukannya dengan makanan ber-Indeks Glikemik tinggi, maka itu akan menambah bobot berat badan Anda.Jadi jika Anda mengkonsumsi telur dadar dengan keju, sebaiknya memadupadankannya dengan bayam dan paprika segar. Hal itu bisa membantu penurunan berat badan Anda. Tetapi jika Anda memadukannya dengan roti, kemungkinan berat badan Anda akan bertambah.Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi yoghurt, seafood, ayam tanpa kulit dan kacang-kacangan, akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Bahkan ketika mereka sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, maka akan mengurangi kemungkinan berat badan mereka naik.Dalam penelitian juga ditemukan bahwa diet dengan daging mentah dan daging olahan bisa membuat berat badan menjadi naik apabila dipasangkan dengan makanan oalah tepung atau biji-bijian (-misalnya steak dan keripik).Tapi ketika daging dipasangkan dengan makanan ber-Indeks Glikemik rendah seperti sayuran, maka itu akan memangkas berat badan Anda.Para peneliti menemukan bahwa secara umum diet yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah mereka yang tinggi dalam makanan kaya protein, sambil menghindari refined grain (biji-bijian olahan, seperti beras putih, Tepung terigu, dan Produk olahan yang terbuat dari bahan dasar biji-bijian olahan) dan gula.Mengurangi konsumsi daging dan menggantikan dengan protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit dan telur.

Nov 17, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *