Tips Merawat dan Mencegah Tangan Kapalan Akibat Angkat Beban
Home » Tips Merawat dan Mencegah Tangan Kapalan Akibat Angkat Beban

Tips Merawat dan Mencegah Tangan Kapalan Akibat Angkat Beban

Seleb.co.id – Orang-orang yang senang dengan olahraga angkat beban, terutama powerlifting dan bodybuild, tidak asing dengan masalah kulit kapalan. Biasanya masalah itu muncul setelah mereka latihan angkat beban. Mungkin bagi mereka, kapalan bukan lah masalah yang serius. Tetapi bagi para wanita, kapalan adalah mimpi buruk.Kapalan disebabkan oleh adanya iritasi atau tekanan yang terjadi secara intens diarea kulit tertentu. Ketika mendapatkan tekanan secara intens, kulit akan membentuk lapisan pelindung. Kapalan sering timbul terutama pada kulit tangan dan kaki. Sehubungan dengan olahraga angkat beban, kapalan biasanya muncul di bawah jari-jari tangan Anda.Hal ini karena kita sering menggenggam bar dan terlalu banyak menyisakan ruang antara jari-jari dan telapak tangan. Ketika kita menggenggam bar dengan cara itu, kulit kita terlipat dan menyebabkan rasa sakit.Ketika mendapati kapalan, maka anda memerlukan perawatan yang tepat. Karena bila tidak segera di tangani, kapalan dapat menjadi mengganggu Anda. Berikut beberapa tips, terutama bagi wanita, untuk membantu Anda dalam menangani masalah kapalan.Perawatan Kapalan1) Kenakan sarung tanganKebanyakan powerlifters tidak menggunakan sarung tangan karena mereka takut jika hal itu dapat melemahkan kekuatan pegangannya. Tapi jika Anda seorang powerlifter perempuan, maka sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan. Sarung tangan akan mencegah Anda dari kapalan.2) Gunakan batu apung untuk menghilangkan sel-sel kulit mati setelah mandi. Gosoklah permukaan kulit yang kapalan secara perlahan secara merata dan jangan memotong bagian kapalan Anda.3) Jangan pernah menggunakan gunting, pemotong kuku, atau pisau cukur untuk menghilangkan kapalan Anda!4) Gunakan kapur khusus angkat beban untuk membantu mengisi kesenjangan antara lipatan kulit Anda selama pengangkatan beban.5) Jangan mencoba untuk menghilangkan kapalan kecuali anda berencana untuk pensiun dari olahraga angkat beban. Ingat, penebalan kulit di daerah yang dibentuk oleh tubuh Anda untuk membantu menghindari rasa sakit karena kapalan adalah adaptasi yang diperlukan.6) Mengubah pegangan Anda! Cobalah untuk memegang bar diantara pangkal jari-jari Anda dan bagian atas kapalan Anda sehingga tekanan bar tidak melipat kulit Anda.

Nov 9, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *