Home » Kamu Harus Tau! Mengupil Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh

Kamu Harus Tau! Mengupil Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh

mengupil

Seleb.co.id –  Mengupil atau mengorek hidung dengan sengaja adalah kebiasaan yang sering dilakukan hampir semua orang. Walaupun banyak yang malu mengakuinya, tapi menurut penelitian setidaknya 99 persen dari manusia gemar mengupil.

Biasanya, kita melihat anak kecil yang tanpa ragu mengupil di depan umum. Namun, orang dewasa juga melakukannya secara diam-diam. Memang, terdapat efek menyenangkan ketika kita membersihkan hidung dengan cara yang satu ini. Banyak juga orang yang menikmati saat-saat mengorek hidung. Walaupun kegiatan ini sangat nyaman dilakukan, tapi tahukah kamu kalau mengupil ternyata berbahaya bagi tubuh.

Menurut ahli kesehatan Dr Erich Voigt mengatakan, kegiatan mengorek hidung memiliki risiko akan masuknya kuman seperti Staphylococcus aureus (kuman yang hidup di depan hidung) ke dalam hidung. Dan dengan mengupil juga dapat berpotensi membuat bagian dalam hidung lecet. Akibatnya, terjadi pendarahan yang bertemu dengan kuman, membuat infeksi dan iritasi pada bagian dalam hidung semakin parah.

Proses ini bisa menjadi lebih buruk, tergantung pada bakteri yang terdapat pada jari-jari Anda. Bahkan, kebiasaan ini lebih berbahaya bagi anak kecil karena mereka lebih kasar dalam mengupil, dan membuat hidung mereka lebih gampang berdarah.

Lebih lanjut Dr Erich menjelaskan, suplai darah ke hidung amat banyak. Terdapat 5 arteri yang mengarah ke depan hidung. “Ketika abrasi ini terjadi, bisa terdapat pendarahan yang hebat. Hal ini juga yang sering menjadi penyebab utama anak-anak mudah mimisan”.

Jadi buat kamu yang gemar mengupil, lebih baik sekarang lebih berhati – hati dalam mengupil. Karena jika salah malah akan membahayakan tubuh kita.

Aug 23, 2016 - Posted by Novi Graha Herlyani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *