Home » Mau Diet? Baca Al-Quran Dulu Yuk!

Mau Diet? Baca Al-Quran Dulu Yuk!

images (2)

Seleb.co.id – Tahukah kamu bahwa pola hidup sehat adalah gaya hidup ala Rasulullah dan semua ini tercantum di dalam surat di al-Qur’an? Bagi kamu yang rajin membaca dan memahami arti pada ayat di kitab suci Al-Quran kamu pasti tahu ayat yang akan kita bahas kali ini.

Melalui ayat dalam surat-surat ini secara tidak langsung Allah SWT telah menganjurkan kita, umat Islam, untuk melakukan diet seimbang. Penasaran Surat apa dan ayat berapa yang bunyinya menganjurkan untuk diet seimbang? Yuk disimak.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 173, berbunyi “Makanlah dari hal-hal baik yang telah kami sediakan untuk umatku” serta Al-Baqarah ayat 168, “Makanlah apa yang halal dan sehat di bumi “.  Dalam kedua ayat ini Allah SWT mewajibkan umat Muslim untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan sehat sebagai tombak untuk memiliki hidup yang sehat.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, Allah juga menekankan dalam surat Ar-Rahman ayat 7-9 yang berbunyi : “Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.”

Pada ayat ini Allah meminta kita untuk hidup menjaga keseimbangan, salah satu kunci hidup sehat diantaranya adalah gizi seimbang. Tidak berlebih dan tidak juga kurang. Sejatinya makan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit pembuluh darah, stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Pencegahan mengenai makan dan minum yang seimbang juga dijelaskan dalam surat Taha ayat 81 yang kurang lebih berbunyi makan dan minumlah, tapi jangan berlebihan.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau hidup sehat , tidak berlebih dan seimbang tercantum di Al-Quran, jadi jangan di langgar lagi ya!

Aug 17, 2016 - Posted by Novi Graha Herlyani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *