10 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan
Home » 10 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

10 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Seleb.co.id – Apakah Anda sedang berencana untuk menjalankan program menurunkan berat badan? Mungkin Anda akan membayangkan jika hal itu sangat sulit sekali. Belum lagi anda harus diet rendah kalori dan juga menahan rasa lapar sepanjang waktu.Para ahli gizi pun menyarankan kepada para pelaku diet untuk mengkonsumsi makanan yang berkualitas, terutama makanan yang padat nutrisi dan tidak memiliki dampak pada kalori mereka.Menurut personal trainer DUO SHINE FITNESS Meruya, Rizal, mengatakan bahwa makanan berserat tinggi adalah makanan yang sangat bagus untuk mengisi dan mengontrol perut anda dari rasa lapar. “Makanan yang mengandung serat tinggi akan sangat bagus untuk mengisi dan mengontrol diri Anda dari rasa lapar, kadar glukosa, serta memiliki manfaat kesehatan pada pencernaan Anda,” kata Rizal.”Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dan juga air harus didominasi. Itu akan membuat anda merasa kenyang, sementara rendah kalori,” tambahnya.Jadi, tambahkan makanan-makanan alami ini dalam “diet” Anda untuk menunjang target penurunan berat badan Anda. Berikut 10 makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.1. QuinoaMakanan ini mengandung protein lengkap (sekitar 7gr per-porsi) dan tinggi serat (6gr). Serat akan mengikat lemak dan kolesterol. Ini juga kaya dengan delapan asam amino esensial, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, besi dan B12 -yang penting untuk meningkatkan energi.2. JamurRasa dan tekstur pada jamur membuat mereka beralih untuk menggantikan hidangan daging seperti hamburger, meatloaf, bakso, atau sejenisnya. Jamur bahkan dapat berfungsi sebagai pengganti daging sapi untuk seorang vegetarian. Penelitian bahkan telah menemukan bahwa mengganti daging dengan jamur untuk satu kali makan sehari dapat membuat penurunan berat badan yang signifikan karena Anda mengkonsumsi lebih sedikit lemak dan kalori.3. Buah BeriBlackberry, blueberry, stroberi (dan varietas buah Beri lainnya) adalah makanan yang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Mengapa? karena mekanan ini relatif rendah kalori dan kaya nutrisi.4. BayamBayam adalah makanan yang rendah kalori. Sayuran ini mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, K, C, E, tembaga, mangan, besi, kalsium, dan banyak lagi. Bayam juga mengandung fitonutrien, yang baik untuk jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak bayam mengandung membran daun hijau yang disebut tilakoid. Kandungan itu dapat meningkatkan penurunan berat badan sebesar 43 persen dan mampu membantu untuk menahan rasa lapar hingga 95 persen.5. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)Kakao mengandung flavonoid dan polifenol, zat bergizi yang memiliki manfaat potensial bagi kesehatan. Sering konsumsi cokelat hitam (dua kali seminggu) akan menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Internal Medicine Journal. Orang yang makan cokelat hitam dalam jumlah moderat akan memiliki mood dan tingkat aktivitas yang lebih baik.6. PaprikaPaprika, khususnya paprika hijau, memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi. Ini sangat ampuh untuk membantu Anda terbebas dari lemak. Penelitian menemukan bahwa orang-orang dengan kandungan vitamin C yang mencukupi pada tubuhnya akan dapat membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olah raga (moderate) dibandingkan mereka dengan kondisi kandungan vitamin C tubuh yang lebih rendah. Terlebih lagi, sebuah penelitian yang diungkap oleh PLoS ONE, yang menemukan bahwa panas cabai dapat memicu saraf di perut yang kemudian menciptakan sensasi kenyang dan memberi sinyal kepada tubuh untuk menandakan anda sudah memiliki cukup makanan.7. ApelApel biasanya mengandung 100 kalori. Karena itu, Apel sangat sempurna menjadi makanan ringan atau pokok sebelum berolahraga. Buah bergizi ini sangat mudah sekali didapat. Senyawa yang disebut polifenol dalam apel bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko stroke, kolestrol tinggi, dan penyakit kardiovaskular.8. WortelSayuran ini bisa dijadikan sebagai camilan untuk memuaskan rasa lapar sebelum makan. Konsumsi wortel lebih baik, ketimbang sekantong keripik atau makanan ringan berkalori tinggi lainnya. Wortel juga dapat berfungsi sebagai pengganti lemak. Selain itu, wortel juga mengandung beta-karoten dan serat konten dalam jumlah yang tinggi.9. Kacang-kacanganKacang-kacangan adalah makanan super (superfood). Kacang merah dan kacang hitam mengandung serat, protein, zat besi, dan seng yang tinggi. Kacang juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan, karena makanan ini akan membuat Anda berenergi. Terlebih lagi, kacang adalah karbohidrat yang kompleks. Lantaran itu, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mengubahnya menjadi energi. Sebuah studi menemukan bahwa kacang hitam dapat membantu meningkatkan resistensi insulin, efek perlindungan terhadap obesitas (kegemukan).10. Edamame (kacang polong)Edamame memiliki kandungan protein yang sama dengan asam amino dari daging. Satu-satunya perbedaan adalah edamame juga mengandung lemak sehat. Makanan ini akan membantu anda untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi Satu cangkir edamame, Anda akan mendapatkan sekitar 17g protein, 8g serat, dan 189 kalori. Itu juga akan membantu anda untuk mencegah kelaparan.

Aug 16, 2016 - Posted by Dory - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *