Home » Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan Pencegah Kanker Payudara

soy-beans-968986_960_720

Seleb.co.id – Kata “kanker payudara” tentu selalu saja menjadi momok yang menakutkan untuk seorang wanita padahal sebetulnya kanker payudara bisa terjadi kepada siapa saja, baik laki – laki maupun perempuan tanpa kenal usia. Kanker sendiri terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah genetik, karsinogenik dan faktor yang paling kuat adalah karena gaya hidup.

Maka dari itu, jika ingin terbebas dari kanker, gaya hidup sehat adalah jawabannya. Hidup sehat berawal dari mengkonsumsi makanan sehat, berikut daftar makanan sehat pencegah kanker yang baik untuk dikonsumsi :

Sayuran Cruciferous

Sayuran jenis ini memiliki kandungan glucosinolate, atau kandungan kimia belerang tinggi sehingga menimbulkan rasa pahit dan aroma yang kuat. Kandungan inilah yang dapat mencegah kanker. Sayuran yang termasuk pada jenis ini adalah bawang putih, bawang bombay, dan kubis. 

Sayuran Daun Hijau

Sayuran daun hijau mengandung Lutein dan Zeaxanthin yang dapat membantu mencegah resiko kanker payudara.

Tomat

Tomat kaya akan lycopene yang berfungsi untuk mengurangi resiko kanker.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C,E, dan folat. Mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak minimal 400 gram per hari sangat baik untuk memulai hidup sehat.

Ikan 

Jenis ikan seperti tuna dan salmon mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk mencegah kanker. Bahkan menurut sebuah studi, orang yang mengkonsumsi ikan jenis ini memiliki resiko terkena kanker lebih sedikit dibanding yang tidak.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung tinggi antioksidan dan phytonutrients. Antioksidan bagus untuk melawan radikal bebas, zat yang memicu kanker.

Kedelai

Makanan olahan kedelai seperti kacang edamame, tofu, miso, susu kedelai mengandung fitoestrogen yang bagus untuk pencegah kanker. Bahkan menurut Institut Kanker Nasional di Amerika Serikat, wanita yang banyak mengkonsumsi soya beresiko lebih sedikit terkena kanker payudara dibandingkan yang tidak

Aug 14, 2016 - Posted by Novi Graha Herlyani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *