Home » Diet, Kapan Kita Boleh Makan Setelah Olahraga?

Diet, Kapan Kita Boleh Makan Setelah Olahraga?

tape-403586_960_720

Seleb.co.id – Kebanyakan orang yang sedang diet tidak pernah makan setelah berolahraga. Alasannya adalah karena tidak mau menambah kalori setelah membuang lemak yang ada. Ini salah besar. Jumlah kalori yang terbuang saat berolahraga tetap harus diganti agar tubuh tetap sehat. Pertanyaannya adalah, berapa jumlah kalori yang harus di konsumsi kembali dan kapan waktu terbaik untuk  mengkonsumsinya? Sebelumnya harap diingat bahwa, asupan kalori sangat tergantung pada faktor tertentu seperti jenis kelamin, tinggi badan, usia dan aktivitas yang dilakukan.

National Institutes of Health secara umum merekomendasikan agar setiap orang yang berolahraga mendapatkan 45 persen karbohidrat, 20 persen lemak, dan 35 persen protein, dari jumlah kalori harian yang biasa dikonsumsi. Tanpa ada tambahan asupan walau telah berolahraga.

Maka yang terbaik adalah, makanlah sekedarnya sekitar 30-60 menit sebelum berolahraga, cobalah konsumsi karbohidrat dan protein. Lalu konsumsilah cemilan yang mengandung protein, serat dan gula yang mudah dicerna seperti pisang, dan alpukat 15-30 menit setelah berolahraga.

Jadi, cobalah untuk mengingat bahwa diet bukan hanya tentang mengurangi porsi makan. Melainkan juga mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung gula dan minyak yang tinggi dan perbanyaklah mengkonsumsi air putih serta berolahraga secara rutin. Sebetulnya, hidup sehat lebih penting dari segalanya. Karena tubuh yang bagus hanyalah bonus dari hidup sehat.

 

Aug 11, 2016 - Posted by Novi Graha Herlyani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *